Thursday, July 19, 2012

Obat typus/tipes, obat demam berdarah (DBD/dengue fever/デング熱の薬)

Saya baru saja mengunjungi abang yang sakit tipes di RS @Jatinegara. Trombositnya turun dan berikut adalah obat tipes rekomen para sahabat/tetangga:

-KAPSUL EKSTRAK CACING, saya beli di apotik Alam Sehat di depan supermarket Hari Hari Kalideres.


Merk TIE LUNG YYANG (地龍王)

Keterangan yang tertulis di kemasan Tie Lung Yyang:
Kapsul untuk membantu mengatasi/mengobati tipus dan sariawan usus.
Dengan kandungan beberapa enzim seperti Lumbrikinase, Peroksidase, Katalase, Soladase, Lignase dan Asam Arachidonyx, berfungsi secara tradisional untuk membantu mengatasi/mengobati beberapa gangguan penyakit, seperti Tipus, Badan Lemas (Lesu), Kolesterol, Sakit Tukak Lambung (Maag), Menurunkan Suhu Tubuh akibat infeksi, Demam, Susah buang air besar, Sesak Napas, Masuk Angin, Sariawan Usus, Netralisir Racun Nikotin, Asam Urat, Radang Kulit dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

-sari kurma, saya beli di apotik Dunia Sehat juga, tapi bisa dibeli di toko obat mana saja

-kurma, berhubung kurma yang beredar terlalu manis, saya beli kurma organic di All Fresh Ambasador, Kuningan. Bentuknya besar-besar, tidak terlalu manis dan empuk. Pas kebetulan menjelang bulan puasa, jadi tidak sulit menemukan buah kurma.

-ANGKAK, bentuknya seperti beras merah, saya beli di apotik Mal Ambasador. Letaknya di dekat escalator, di seberang Fuji Film OSO. Satu bungkus kecil Rp. 3000, direbus dengan 3 gelas air dan digodog sampai airnya menjadi 1,5 gelas. Pertama kali saya tidak tahu kalau angkak ternyata rasanya pahit dan pedas, jadi mungkin agak susah nelannya. Setelah itu saya tambahkan gula batu agak banyak, baru rasanya agak enak tapi tetap saja pahit :)

-ANGKAK CAIR "FUFANG EJIAO JIANG"
Suplemen herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit.

Saya beli angkak cair di pasar Jatinegara (Mester). Kalau dari terminal bus Kampung Melayu naik mikrolet 01, turun di Pasar Jatinegara bagian belakang. Masuk, setelah gapura di sebelah kiri ada toko obat. Di sana dijual sekotaknya Rp. 95,000, isi 12 botol kecil. Dosis: 3 x 1 botol sehari, sudah ada sedotannya, tinggal tusuk dan minum seperti minum Yakult. Ada yang bilang, kalau sedang parah minum sekali 2 botol supaya lebih cepat efeknya. Bagi Anda yang sedang mencari obat untuk menaikkan trombosit karena sakit tipes/demam berdarah, minum saja angkak cair ini, lebih cepat khasiatnya daripada merebus angkak sendiri, kata seorang Ibu di mini market sebelah RS @Jatinegara. Makasih ya Bu atas advice-nya. Foto kemasan angkak cair akan saya upload nanti. Ternyata di Apotik Alam Sehat yang di depan Hari Hari Kalideres juga menjual angkak cair. Di sana aja juga yang dalam kemasan botol besar, isinya lebih banyak dan lebih murah (Rp. 85,000).

-satu lagi yang belum saya coba adalah rebusan air ubi jalar. Kalau direbus kelamaan memang berlendir, tapi kabarnya mempunyai khasiat menaikkan trombosit juga.

0 comments:

Post a Comment