Friday, June 8, 2012

How to get to Okinawa?

Bingung mencari rute penerbangan ke Okinawa? Berikut ini adalah beberapa alternatif rute penerbangan untuk pergi ke Okinawa dengan pesawat maupun dengan kapal laut.

Dengan China Airlines (selama ini dianggap sebagai cara yang paling murah, kecuali ada promo dari Air Asia dari Tokyo ke Okinawa).

Jakarta (transit di Hong Kong) - Taipei (Taiwan) - Okinawa

Dengan Korean Air (tergantung promo, kadang lebih murah dari China Airlines, tapi transit di Incheon bisa sampai 10 jam).

Jakarta - Incheon - Okinawa

Dengan Garuda Indonesia atau JAL

Jakarta - Tokyo (Narita atau Haneda) - sambung dengan penerbangan domestik JAL/ANA ke Okinawa

Penerbangan domestik di Jepang tersedia dari berbagai kota, tetapi kalau sedang peak season bisa mencapai 50,000-70,000 yen. Saya sarankan untuk membeli tiket beberapa sebelumnya atau kalau sedang ada promo, supaya bisa dapat tiket yang 10,000 yen, bahkan untuk rute Okinawa-Tokyo.

Kapal laut juga digemari di Okinawa, biarpun lama tetapi murah dan bisa bawa barang (mobil, dll). Setahu saya ada rute kapal laut dari Pulau Ishigaki (di Kepulauan Okinawa) ke Taiwan (beberapa hari), dan dari Naha (ibukota Okinawa) ada juga rute ke Kagoshima (selatan Pulau Kyushu).

Untuk keperluan turis, kita bisa ke pulau-pulau kecil di sana dengan kapal laut juga, antara lain ke Miyako, Ishigaki, Iriomote, Ie, Zamami, Kume, dll.

0 comments:

Post a Comment