Thursday, June 7, 2012

Okinawa, Land of Gods


Waaaaaw ternyata ada tiket Air Asia dari Tokyo (Narita) ke Okinawa hanya Rp. 600 saja!! Memang untuk penerbangan tanggal 28 Agustus – 28 November 2012, tapi tanggal reservasinya sudah lewat. Sempat terbersit oleh saya: PeNgeN kE OKINAWA!!!!!!

Kebanyakan orang tahu Okinawa dari film The Karate Kid, pulau yang disebut sebagai tempat lahirnya karate. Seni bela diri ini berkembang di Kerajaan Ryukyu dan kemudian dibawa ke daratan (mainland) Jepang di awal abad 20. Letak geografis Pulau Okinawa yang jauh dari Jepang dan tidak berbatasan dengan profinsi lain membuat Okinawa tetap sarat dan kental dengan seni dan budaya yang unik, ditambah dengan keindahan alam yang luar biasa menjadikan Okinawa sebagai salah satu tujuan pariwisata lokal di Jepang yang populer.

Apa sih keistimewaan Okinawa? Penduduknya lebih bangga mengaku: ‘Saya orang Okinawa’ dari pada bilang: ‘Saya orang Jepang’. Mungkin hal ini bisa dimengerti dari sejarah Okinawa yang banyak menderita di masa perang dunia kedua dan sampai sekarang wilayahnya juga sebagian besar dipakai sebagai base militer Amerika Serikat, yang salah satunya adalah base militer terbesar se-Asia Pasifik. Okinawa juga memiliki bahasa daerah Uchinaguchi, punya seni dan budaya tersendiri, dan yang terutama gaya hidup yang jelas jau berbeda dengan orang Jepang pada umumnya. Penasaran?!

Berikut adalah tulisan-tulisan mengenai Okinawa, baik tempat kunjungan wisata, informasi mengenai budaya, masyarakat Okinawa dari mata penulis yang pernah tinggal cukup lama di Okinawa. Silahkan cek artikel-artikel dalam blog ini yang berlabel: Okinawa.

0 comments:

Post a Comment